Minggu, 20 Mei 2012

Kasus-kasus Cyber Crime

Banyak sekali kasus yang terjadi di dunia cyber, tapi lumayan susah juga mencari tulisan tentang kasus-kasus kejahatan yang ada di dunia cyber atau biasa dikenal dengan cyber crime. setelah mencari-cari dengan berbagai keyword di search engine yang tersedia, ketemu deh beberapa contoh kasus, seperti dibawah ini:

1. Pada tahun 1983, pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414s(414 merupakan kode area lokal mereka) yang berbasis di Milwaukee AS. Kelompok yang disebut hacker ini melakukan pembobolan 60 buah komputer, dari komputer milik Pusat Kanker Memorial Sloan-Kettering hingga komputer milik Laboratorium Nasional Los Alamos. Salah seorang dari antara pelaku tersebut mendapatkan kekebalan karena testimonialnya, sedangkan 5 pelaku lainnya mendapatkan hukuman masa percobaan. (selengkapnya)
Modus dari kejahatan ini adalah hacker, mereka memasuki sistem orang lain dengan membobol 60 komputer. namun mereka hanyalah ingin memahami dan menguasai sistem tanpa ada niat untuk merusak atau mengambil data rahasia.
penyelesaian: sekelompok hacker tersebut ditangkap oleh FBI dan mendapatkan hukuman.

2. Digigumi (Grup Digital) adalah sebuah kelompok yang mengkhususkan diri bergerak dalam bidang game dan komputer dengan menggunakan teknik teknik hexadecimal untuk mengubah teks yang terdapat di dalam game. Contohnya : game Chrono Trigger berbahasa Inggris dapat diubah menjadi bahasa Indonesia.
Kejahatan jenis ini pun bermodus hacker karena sma sekali tidak ada niat untuk merusak, mereka mencoba-coba teknik-teknik hexadecimal.
penyelasaian : Tidak ada tindak lanjut apa-apa terhadap kasus ini, karena tidak dianggap terlalu merugikan karena hanya sebatas mengubah bahasa.


3. Pada hari Sabtu, 17 April 2004, Dani Firmansyah, konsultan Teknologi Informasi (TI) PT Danareksa di Jakarta berhasil membobol situs milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) di http://tnp.kpu.go.id dan mengubah nama-nama partai di dalamnya menjadi nama-nama “unik”, seperti Partai Kolor Ijo, Partai Mbah Jambon, Partai Jambu, dan lain sebagainya. Dani menggunakan teknik SQL Injection(pada dasarnya teknik tersebut adalah dengan cara mengetikkan string atau perintah tertentu di address bar browser) untuk menjebol situs KPU. (selengkapnya).
Motif dani melakukan hal tersebut hanya untuk mengetes sistem keamanan KPU, tanpa ada maksud politik. namun hal tersebut membuat berkurangnya kepercayaan publik terhadap KPU.
modus : menggunakan teknik sql injection untuk menjebol situs tersebut.
penyelesaian : Dani(pembobol) tertangkap pada hari Kamis, 22 April 2004.

4. Pencurian dan penggunaan account Internet milik orang lain. Salah satu kesulitan dari sebuah ISP (Internet Service Provider) adalah adanya account pelanggan mereka yang “dicuri” dan digunakan secara tidak sah. Berbeda dengan pencurian yang dilakukan secara fisik, “pencurian” account cukup menangkap “userid” dan “password” saja. Hanya informasi yang dicuri. Sementara itu orang yang kecurian tidak merasakan hilangnya “benda” yang dicuri. Pencurian baru terasa efeknya jika informasi ini digunakan oleh yang tidak berhak. Akibat dari pencurian ini, penggunan dibebani biaya penggunaan acocunt tersebut. Kasus ini banyak terjadi di ISP. Namun yang pernah diangkat adalah penggunaan account curian oleh dua Warnet di Bandung.(selengkapnya).
kasus ini dapat digolongkan kedalam cybercrime bermoduskan cracker, karena ini sudah tindak kejahatan dengan membajak domain orang lain dan mengubah atau mungkin mengacak-acak akun orang lain.
penyelesaian : tidak ada pasal yang dapat menjerat mereka, karena belum adanya undang-undang yang mengatur.

5. Ingat dulu pernah ada kasus tentang situs klikbca yang palsu. itu bisa disebut sebagai cyber crime. plesetan nama domain seperti itu, mungkin bukan masalah besar. namun untuk orang-orang yang tidak teliti dan kurang hati-hati hal tersebut bisa menjadi masalah. karena saat kita membuka situs palsu tersebut, konten dan halaman yang disajikan pun tidak jauh berbeda dengan situs aslinya. pelanggan diminta untuk memasukkan pin, dan saat di submit maka no pin anda akan segera terkirim kepada pemilik situs palsu tersebut. namun, pemilik domain palsu tersebut sudah meminta maaf kepada BCA. Dan motif dari si pembuat situs palsu ini adalah tidak lain dan tidak bukan adalah untuk membuat masyarakat agar lebih berhati-hati lagi dalam memberikan informasi di dunia maya.
sedangkan modus nya, pelaku membuat beberapa domain situs dengan nama yang mirip dengan sebuah situs tertentu.
penyelesaian : pelaku meminta maaf kepada pihak yang dirugikan lalu domain-domain plesetan tersebut dibeli agar tidak disalahgunakan.

6. Pemerintah IRAN saat mengetahui adanya ancaman kode komputer yang berbahaya, kemudian mengumpulkan para ilmuwan untuk menghadang virus tersebut. sebelumnya dikabarkan ada seorang ahli komputer di Jerman mendeteksi adanya worm yang dirancang khusus untuk memata-matai dan mengendalikan fasilitas penting di suatu negara. Virus yang dinamai Stuxnet itu dapat disusupi melalui USB flashdisk itu dapat menyebar dan mendeteksi fasilitas yang dianggap berbahaya. Secara otomatis virus tersebut akan mengambil alih sistem dan jaringan yang ada untuk kemudian dihancurkan.(selengkapnya). kemungkinan virus seperti stuxnet ini diciptakan oleh suatu negara tertentu untuk menyusup ke sistem keamanan negara lain dan mensabotase sistem jaringan di negara tersebut. (lagi)
modus : memasukkan suatu virus tertentu untuk menyadap dan mengacaukan informasi sistem.
penyelesaian: melakukan proteksi lebih terhadap sistem yang ada.

7. Penyerangan terhadap website www.golkar.or.id milik Partai Golkar. Serangan terjadi hingga 1577 kali melalui jalan yang sama tanpa adanya upaya menutup celah tersebut disamping kemampuan Hacker yang lebih tinggi, dalam hal ini teknik yang digunakan oleh Hacker adalah PHP Injection dan mengganti tampilan muka website dengan gambar wanitasexy serta gorilla putih sedang tersenyum.(selengkapnya)
modus : membobol situs website dengan menggunakan pHP injection.
penyelesaian: karena tidak diketahui siapa yang melakukan maka tidak ada tindakan berarti yang dapat dilakukan. namun mngkin dapat lebih di proteksi lagi situs web nya.

Adapula beberapa contoh mengenai cyber terorism, seperti: (selengkapnya)
1. Ramzi Yousef, dalang penyerangan pertama ke gedung WTC, diketahui menyimpan detail serangan dalam file yang di enkripsi dilaptopnya.
2. Osama Bin Laden diketahui menggunakan steganography untuk komunikasi jaringannya.
3. Suatu website yang dinamai Club Hacker Muslim diketahui menuliskan daftar tip untuk melakukan hacking ke Pentagon.
4. Seorang hacker yang menyebut dirinya sebagai DoktorNuker diketahui telah kurang lebih lima tahun melakukan defacing atau mengubah isi halaman web dengan propaganda anti-American, anti-Israel dan pro-Bin Laden.
5. anshar.com yang dibikin oleh Muhammad agung prabowo alias max fiderman alias ahmad kalingga dan agung setiyadi alias pak ne alias saiful jihad mahasiswa teknik elektro UNS yang merupakan kaki tangan pelaku Bom bali I imam samuderaadalah bukti nyata bahwa telah terjadi pergeseran modus penggalangan dana pelaku teroris dengan memanfaatkan carding dan pemesanan alat terror melalui dunia maya di banding menunggu kiriman dari …. Atau merampok.




Sumber : http://arizkaseptiani.wordpress.com/2011/03/01/kasus-kasus-cyber-crime/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar